***SELAMAT DATANG***

Produk Per Grup

Produk Per Grup

Jumat, 12 Oktober 2012

Tips Mengenali Kerusakan/Gangguan Pada Memory laptop & komputer

1. Saat menyalakan laptop/komputer tampilan blank (tidak ada tampilan).
2. Gagal ketika ingin mengistal Windows, karena saat proses instalasi berjalan tiba" layar berubah jadi biru (blue screen) dan mucul pesan error.
3. Kegagalan saat loading bios.
4. Laptop/komputer terestart dengan sendirinya secara berulang" saat pertama dinyalakan.
5. Adanya bunyi "Bip" yang panjang atau berulang" terus menerus (bunyi "bip" biasanya terjadi pada komputer saja).
6. Adanya gangguan grafis pada layar seperti tampilan terlihat lambat (patah-patah), hal ini juga bisa berkaitan dengan kartu grafis (VGA).
Tapi ada baiknya memory diperiksa terlebih dahulu sebelum mengarah ke kartu grafis.

Jika anda mendapat ganggauan seperti di atas, tidak perlu panik, saya akan membagikan beberapa solusi yang anda dapat lakukan sendiri, tapi anda harus sediakan kuas, penghapus pensil dan tissue.
1. Lepas semua memory DDR anda, lalu bersihkan debu yang menempel dengan kuas dan setelah itu bersihkan dengan tissue bagian bawah DDR yang berwarna kuning.
selanjutnya ambil penghapus pensil dan gosokkan secara perlahan (seperti menghapus tulisan pada buku) di bagian bawah DDR yang berwarna kuning (sebelah kiri dan kanan). Setelah semuanya dilakukan, bersihkan sisa penghapus menggunakan kuas di memory DDR dan pasang kembali semua memory DDR pada tempatnya, nyalakanlah laptop/komputernya kemudian liat hasilnya :)
2. Jika langkah pertama gagal, silahkan coba langkah ini. Jika dalam laptop/komputer terdapar 2 memory DDR silahkan cabut salah satunya dan nyalakan lagi,

jika permasalahannya masih sama, ganti lagi dengan memory yang berikutnya.(jarang memory DDR langsung rusak 2pcs dlm 1 perangkat)

**NOTE :
1. Pastikan laptop/komputer anda masa garansinya sudah habis sebelum membongkar, jika masih dalam status masa garansi sebaiknya langsung dibawa ke service centrenya, karena jika masih dalam masa garansi dan dibongkar sendiri maka status garansi akan hangus (tidak berlaku lagi).
2. Jika semua solusi sudah dilakukan dan tidak berhasil, berarti kerusakan bukan berasal dari memory dan harus di bawa ke dokternya (teknisi komputer) hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

***TERIMA KASIH***